Thursday, January 12, 2012

10 Harta Karun Paling Menakjubkan Yang Pernah Ditemukan (Salah Satunya dari Indonesia)

Jika sebelumnya ada postingan tentang 10 Tempat Harta Karun Misterius Yang Belum Ditemukan Sampai Sekarang maka posting ini masih berhubungan dengan HARTA KARUN ,tapi yang sudah diketemukan/ditemukan, 10 harta karun terbesar (paling bernilai) yang pernah ditemukan.

Harta karun adalah sejumlah besar emas, perak, batu permata, uang, perhiasan, atau setiap koleksi berharga yang ditemukan tersembunyi di bawah tanah ,di gudang bawah tanah atau loteng,
Biasanya harta karun berumur cukup tua, bahkan sangat tua, dan tidak bisa dilacak siapa ahli waris yang berhak untuk memilikinya, karena telah melewati puluhan, ratusan bahkan ribuan generasi
Sepanjang sejarah ada beberapa harta karun yang luar biasa ditemukan. Ini adalah daftar dari 10 harta karun yang paling menakjubkan.

10. Harta Karun Środa – Polandia

Harta Karun Środa adalah salah satu yang paling berharga dalam penemuan arkeologi abad ke-20. Ditemukan pada tahun 1985 selama pekerjaan renovasi di Sroda Slaska, Polandia.
Bagian utama dari harta karun itu sekarang masih ada di Museum setempat.Harta karun yang ditemukan termasuk mahkota Emas,diperkirakan milik Blanche dari Valois, istri dari kaisar Charles IV, 2 liontin emas abad ke-12, dua liontin emas abad ke-13, gesper emas abad pertengahan dihiasi dengan batu mulia, tiga cincin, 39 koin emas, dan 2924 koin perak.

9. Harta Karun Panagyuriste - Bulgaria

Pada 8 Desember 1949 tiga bersaudara - Pavel, Petko dan Michail Deikovi bekerja bersama di wilayah pabrik ubin "Merul" dekat Panagyurishte. Saat memproses lapisan baru tanah liat mereka menemukan benda-benda mengkilap yang tidak biasa.
Apa yang mereka gali ternyata adalah harta karun Panagyuriste,Harta karun yang dibuat dengan sempurna dan spektakuler dari Thracian, salah satu harta yang paling terkenal di dunia.terdiri dari botol, sebuah bejana Yunani dan tujuh rhytons dengan total berat 6.164 kg emas murni. Semua benda yang kaya dihiasi dengan adegan dari mitos bangsa Thracian, adat istiadat dan kehidupan. diperkirakan dari abad 4 - 3 SM

8. Harta Karun Preslav – Bulgaria
Harta Karun Preslav ditemukan di musim gugur tahun 1978 di kebun anggur di Castana, 3 km ke utara - kota terbesar kedua Bulgaria - Veliki Preslav.
Penggalian yang dilakukan menemukan lebih dari 170 benda-benda emas, perak dan perunggu termasuk 15 koin perak milik Bizantium Constantine VII, Romawi II (945 dan 959) dan artefak lainnya yang berasal dari periode antara abad ke-3 dan ke-7.

Beberapa teknik pembuatan perhiasan yang digunakan dalam memproduksi perhiasan, kancing, dll, dalam pengaplikasian tidak terbatas dengan pengecoran dalam cetakan, toreutics, pengelasan bola emas kecil (butiran) atau kawat emas murni (kerawang), Inlays mutiara dan enamel multi-warna.


7. harta Karun Pereshchepina – Bulgaria
Harta Pereshchepina adalah deposito utama dari kekaisaran Bizantium, Sassania, dan objek Avarian dari periode Volkerwanderung .
Deposit ditemukan pada tahun 1912 di Desa Mala Pereshchepina (13 km dari Poltava, Ukraina) oleh seorang gembala laki-laki yang secara harfiah tersandung bejana emas dan jatuh ke makam Kuvrat, pendiri Agung Bulgaria dan ayah dari Asparuh, pendiri Kekaisaran Bulgaria Pertama.
Timbunan ini berisi lebih dari 800 buah. Ada 19 bejana perak dan 16 bejana emas, termasuk rhyton mencolok dan yang lain. Selain itu,dalam penemuan itu juga terdapat tongkat dari emas, pedang besi dengan ujung bawah dalam bentuk cincin dilapisi emas juga pada gagang dan sarungnya, perhiasan emas, dan banyak lagi.

6. Harta Karun Tillia Tepe – Afghanistan
Tillia Tepe adalah situs arkeologi di Afghanistan utara dekat Sheberghan, disurvei pada tahun 1979 oleh misi arkeolog Soviet Afghanistani yang dipimpin oleh Victor Sarianidi, setahun sebelum invasi Soviet terhadap Afghanistan.
Pada timbunan ditemukan koleksi sekitar 20.000 perhiasan emas di enam kuburan (lima perempuan dan satu laki-laki) dengan perhiasan yang sangat kaya, berasal dari sekitar abad ke-1 SM.Secara keseluruhan beberapa ribu keping perhiasan yang ditemukan, biasanya terbuat dari kombinasi emas, pirus dan lapis-lazuli. Ornamen termasuk koin,seperangkat kalung dengan permata, ikat pinggang, medali, dan mahkota.

5. Harta Karun Nagyszentmiklós – Rumania
Harta Nagyszentmiklós adalah koleksi berharga dua 23 bejana emas abad ke-10, ditemukan di Nagyszentmiklós, Transylvania. Harta karun, yang terdiri dari 23 bejana emas, berasal dari abad kesepuluh, ditemukan pada 1791 di sekitar kota Nagyszentmiklós (sekarang Sânnicolau Mare, Rumania).

4. Harta Karun Pietroasele - Rumania
Harta Karun Pietroasele (ditemukan di Pietroasele, Buzau, Rumania, pada tahun 1837), adalah harta karun bangsa Gothic terkahir di abad 4 yang mencakup sekitar 22 benda dari emas, di antara contoh yang paling terkenal dari gaya polikrom seni Periode Migrasi.
Dari 22 potong, hanya dua belas selamat, dilestarikan di Museum Nasional Sejarah Rumania, di Bucharest, beberapa item adalah fibula elang berkepala besar dan tiga yang lebih kecil bertatahkan batu mulia, dan Patera, atau wadah bulat tempat tumbal , dimodelkan dengan tokoh-tokoh yang tampak sebagai dew` Gothic di baju dewi Yunani mengelilingi tiga dimensi duduk di tengah.

3. Harta Karun Gourdon - Perancis

harta karun ini, digali dekat Gourdon, Saône-et-Loire, pada tahun 1845, adalah timbunan emas, yang berasal dari akhir abad kelima atau awal abad keenam, yang disimpan segera setelah tahun 524.
Ketika ditemukan timbunan terdiri dari piala (ditampilkan di atas), sebuah patena persegi panjang, juga diterapkan dengan garnet dan pirus di kompartemen cloisonne, bersama dengan sekitar 100 koin emas yang berasal dari pemerintahan kaisar Bizantium Leo I (457-474) sampai kaisar Justin I (518-527).


2. Harta Karun Tutankhamen's - Mesir
Daftar harta harun ini tidak akan lengkap jika kita tidak menyebutkan harta karun Tutankhamen.
Ditemukan di makamnya pada tahun 1922 oleh Howard Carter, di bawah sisa-sisa gubuk pekerja dibangun selama Periode Ramses, yang menjelaskan mengapa hal itu terhindar dari pemusnahan makam periode itu.
 Mungkin bagian yang paling mengesankan ditemukan dalam makam Tutankhamun bukanlah topeng , meskipun itu adalah yang paling terkenal.Sebaliknya, peti mati untuk raja yang terbuat dari emas, menampilkan kualitas pengerjaan dan detail yang sangat kompleks yang tak tertandingi. Peti mati (yang di dalam) terbuat dari emas padat. panjang 190 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 50 cm
Raja ditampilkan sebagai Osiris memegang crook dan flail, simbol-simbol tradisional kerajaan. Makam yang berisi harta karun lainnya juga, termasuk mahkota Raja.

1. Harta karun Jawa - Indonesia
Harta karun terakhir kami adalah yang paling baru ditemukan. Harta karun dari Jawa, Indonesia ini termasuk dengan 14.000 mutiara, 4.000 rubi,400 safir merah gelap, dan lebih dari 2.200 garnet. Harta ini ditemukan di sebuah kapal yang tenggelam 1000 tahun yang lalu di lepas pantai Indonesia.
Selain perhiasan, para pemburu harta karun menemukan botol parfum kecil, guci yang terbuat dari tanah liat, vas berleher ramping, dan gelas berwarna cerah dari dinasti Fatimah yang pernah menguasai Mesir kuno.
Mereka juga menemukan piring dihiasi dengan naga, burung parkit dan lainnya; porselen dengan ukiran halus-pinggiran, teko dihiasi dengan bunga teratai, dan piring seladon dengan glasir utuh. Temuan yang bernilai milyaran dolar ini, 50% untuk pemerintah Indonesia.
Penemuan Bangkai kapal yang sangat langka dari abad ke 10 ini mengisi celah besar dalam pengetahuan kita tentang periode itu.

credit : http://listverse.com/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...